Hama Tikus Dalam Hidroponik dan Penanggulangannya

Hama Tikus Dalam Hidroponik

Hama Tikus Dalam Hidroponik

Hama Tikus Dalam Hidroponik dan Penanggulangannya. Dapat dikatakan adalah hama yang paling menyebalkan, bagaimana tidak? mulai semaian, sayuran muda hingga sayuran siap panen dilalap habis atau dirusak. Gagal panen sering terjadi karena Hama tikus. Saya rasa Hama tikus bisa dibilang Hama yang sering sekali dihadapi baik petani tradisional maupun petani hidroponik. Nah bagaimana cara-cara untuk mengatasi hama tikus ini? Mimin geruna.id akan membahas sedikit berdasarkan pengalaman mimin. Mimin sendiri pernah merasakan 2 minggu diserang tikus, mulai semaian, hingga sayuran, dll dirusak ataupun dimakan tikus. Bikin kalian sakit hati kan? Simak tips2 mimin berikut

Kurungan Ayam

Kurungan Ayam? bagaimana cara mengusir tikud dengan kurungan ayam? Kurungan ayam lebih digunakan untuk menghalau tikus menyerang, bukan mengusir. Caranya kasih kawat kasa kurungan ayam kalian lapis 2, bagian dalam dan luar. ini digunakan agar tikus tidak bisa masuk ke area tersebut dan tanaman hidroponik kalian bisa terlindungi

Lem Tikus

Lem tikus lebih digunakan untuk menangkap bukan mengusir. Cara menggunakan cukup mudah, oleskan lem tikus di triplek atau kardus di beberapa tempat yang sering dilalui tikus atau menjadi hot spot tikus nongkrong.

Buah Bintaro

Beberapa petani lokal menggunakan Buah Bintaro yang masih mudah dan belum layu, lebih bagus apabila yang baru dipetik dan masih ada getah dan tangkainya. Bau racun yang dikeluarkan oleh buah bintaro yang masih muda akan menggangu indera penciuman tikus sehingga tikus tidak berani mendekat. Caranya: letakkan pada bbrp tempat yang sering dilewati oleh tikus.

Bubuk Kopi

Bubuk kopi menyamarkan indera penciuman tikus. Tikus selalu menggunakan penciumannya untuk melacak jejak yang dia tinggalkan, Bau bubuk kopi yang tajam akan menganggu indera penciumannya, sehingga dia akan berusaha sebisa mungkin menjauhi bau bubuk kopi yang beraroma tajam. Caranya: Siapkan bubuk kopi hitam secukupnya, taburkan di bbrp sudut rumah yang sering dilalui tikus.

Buah Mengkudu

Buah Mengkudu mampu mengusir tikus seperti halnya Buah Bintaro muda. Caranya juga mirip, potong menjadi 2 bagian dan taruh di pojok ruangan atau tempat yang sering dilalui tikus.

Bawang Putih

Bawang putih tentunya bukan saja ampuh untuk mengusir vampire ya, tapi bawang putih juga ampuh untuk mengusir tikus. Caranya: Ambil 3 atau 4 siung bawang putih. Potong atau iris bawang menjadi beberapa bagian, taruh atau bungkus di kain kasa kemudia taruh di pojok-pojok ruangan atau tempat yang sering dilalui tikus.

Bawang Merah

Irisan Bawang merah sangat mirip dengan cara mengusir tikus menggunakan bawang putih, bedanya adalah kalian tidak perlu membungkus menggunakan kain kasa, cukup taruh di pojok2 ruangan atau tempat yang sering dilalui tikus. Dijamin mereka akan kabur dari tempat persembunyian mereka dan tidak akan mendekat ke arah bawang merah tersebut

Daun Mint

Dauun mint juga bisa dibilang sangat efektif untuk mengusir tikus. Caranya: campur daun mint dengan air secukupnya dan blender. Semprotkan atau tuang ke bbrp spot atau tempat yang sering dilewati tikus. Daun Mint dipercaya dapat menggangu indera penciuman tikus, oleh karena itu tikus juga menjauhi bau daun mint.

Kulit Durian

Durian juga termasuk buah yang memiliki bau yang tajam dan menyengat. Ambil kulit buah durian dan taruh di beberapa tempat di sudut ruangan atau tempat yang sering dilewati tikus. Niscaya para tikus akan kabur apabila mencium bau durian.

Baking Soda

Baking Soda dapat dibilang cara alami tetapi berdampak tikus akan mati. Penelitian menyebutkan tikus tidak bisa bersendawa, jadi apabila mereka makan gas yang dihasilkan dari cairan baking soda badan mereka akan menggembung karena tidak bisa mengeluarkan gas tersebut dan akan mati. Tikus tidak akan langsung mati karena baking soda bukanlah racun, mereka akan terlebih dahulu mencari tempat yang terang atau terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut di dalam tubuhnya.

Gabus untuk menutupi tanaman

kalian juga bisa menggunakan gabus untuk menutupi tanaman kalian. kalian bisa membuatnya dengan membeli gabus, isolasi / perekat yang berwarna hitam dan membentuk kotak untuk menutupi tanaman kalian. Bisa juga menggunakan gabus buah yang dimodifikasi agar bisa menjadi tutup. Cara ini tidak benar-benar efektif, karena tikus masih bisa mengerat gabus kalian apabila mereka benar-benar tidak menemukan makanan dan sangat kelaparan. Apabila menurut kalian tanaman kalian bukanlah satu-satunya, maka kalian bisa menggunakan cara ini sebagai langkah preventif

Sekian Tips yang bisa mimin berikan, semoga bermanfaat!! Salam #geruna.id

Read Previous

Oleh-oleh Khas Jember

Read Next

Mengenal Affiliate Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *