Kain Flanel Hidroponik

Kain Flanel Hidroponik

Kain Flanel Hidroponik

Kain Flanel Hidroponik. Seberapa penting kain flanel untuk hidroponik? Kain Flanel biasanya dipakai pada hidroponik sistem wick, hidroponik rakit apung, atau sistem hidroponik lain yang sering dipakai oleh para pemula.

Penggunaan kain flanel sendiri jarang ditemui di sistem hidroponik DFT, NFT ataupun sistem aquaponik. Beberapa yang sering dipertimbangkan para pelaku hidroponik adalah, kain flanel bisa menambah biaya yang harus dikeluarkan walau 100-200 per biji atau per net pot. Katakan anda membutuhkan 100 netpot untuk 5 dim pipa paralon, maka estimasi yang harus anda keluarkan lagi untuk kain flanel adalah 200×100 = 20.000. Angka pengeluaran ini bukan angka yang besar, tetapi dalam skala industri apabila pipa paralon anda ratusan, tentunya pengeluaran akan semakin membengkak apabila anda menambahkan cost kain flanel di daftar pengeluaran anda.

Berarti Apa Kain Flanel dibutuhkan atau tidak

Jawabannya adalah tergantung dengan sistem hidroponik apa yang anda lakukan, untuk sistem wick contohnya atau rakit apung misal, tentu saja kalian membutuhkan kain flanel untuk bisa mengalirkan air nutrisi ke akar (apabila akar belum menembus netpot)

Saya menggunakan Kain Flanek untuk sistem wick, mengapa air tidak keatas?

Untuk menggunakan kain flanel untuk sistem wick, sebaiknya terlebih dahulu anda merendam kain flanel pada rendaman air nutrisi atau air biasa. Ini digunakan untuk memancing agar air bisa mengalir keatas melalui kain flanel, sama halnya apabila kalian menggunakan sumbu kompor dimana sumbu tersebut tidak membawa minyak keatas, makan sumbu kompor tersebut tidak bisa dinyalakan. Biasanya diperlukan untuk merendamnya di dalam minyak tanahnya sebelum bisa digunakan.

Apakah Kain Flanel bisa digunakan setelah panen

Tanaman yng mulai beranjak dewasa, akarnya akan menembus kain flanel dan merambat hingga menyentuh atau bahkan terendam di air, akar akan meraih air untuk dapat menyerap nutrisi agar tanaman bisa berkembang. Akar ini biasanya memenuhi kain flanel, dan harus dibersihin sebelum digunakan lagi agar kelar tidak menghambar perkembangan tanaman berikutnya. Jadi ya, kain flanel bisa digunakan ulang

Harga Kain Flanel

Harga kain flanel sendiri pada toko-toko hidroponik sangatlah bervariasi, mulai dari 5000 hinggal 10rb untuk kain flanel yang sudah dipotong dan siap dipakai. Apabila ingin lebih murah belilah ke toko yang menjual aksesoris pakain seperti resleting, kancing, disana kalian bisa membeli Kain Flanel dengan harga lebih murah sekitar 1m x 1m per pack.

Sekian dulu penjelasan mimin #geruna.id. semoga membantu kawan yang ingin berhidroponik atau membutuhkan informasi tentang kain flanel

Read Previous

Mengenal Amunisi pada PUBG

Read Next

Goatzilla Farm Senduro Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *