Mengenal Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing

Mengenal Affiliate Marketing. Affiliate Marketing sendiri adalah istilah atau model bisnis dimana kita melakukan penjualan sebagai perantara atau makelar. Sedangkan medianya adalah media online, bisa juga disebut makelar online. Apa yang bisa didapat atau apa profit sebagai affiliate marketing ini sendiri? Jawabannya adalah: komisi. Komisi inilah yang dijadi para Affiliate Marketer (Makelar Online)

Apa perbedaan Makelar Offline dan Makelar Online?

Makelar Online sendiri adalah waktu kita memasarkan produk secara online menggunakan media social seperti facebook, twitter, whatsapp, instagram, google plus, youtube atau apapun media online itu bisa disebut sebagai Makelar Online. Sedangkan Makelar offline adalah waktu kita memasarkan produk secara real di dunia nyata tanpa harus koneksi internet. Mungkin analogi atau contohnya seperti berikut:

Apabila Petani degan menjual degan dengan harga 5000 ribu perbiji kepada kita dengan promosi nanti kita akan bisa menjualnya lagi dengan harga yang lebih tinggi, uang yang kita keluarkan adalah 5000. Kemudian kita kepasar dan menjual degang hasil pembelian kita ke orang yang berjualan di pasar contohnya dengan harga 7000, maka kita akan mendapatkan uang 2.000 dari selisih penjualan ini, nah selisih 2.000 ini yang kita sebut sebagai komisi penjualan yang kita dapatkan dari si pak degan. Pekerjaan makelar offline adalah dengan mendapatkan profit dari selisih harga beli yang lebih murah, dan harga jual yang lebih tinggi. Tetapi banyak sekali program dan contoh lainnya, mungkin juga pak degan menitipkan barang ke kita dengan harga 5000 dan kita tidak perlu membayarnya terlebih dahulu, tetapi setelah barang terjual kita baru membayar pak degan. Scheme bisnis seperti ini juga bisa dibilang makelar.

Nah, Kembali Apa itu Affiliate Marketing secara Online? Mungkin kurang lebih seperti gambar di bawah.

Ketika anda mendaftarkan diri sebagai publisher ataupun affiliates disuatu network, anda akan mendapatkan media iklan, promosi atau link untuk melacak berdasarkan link tersebut. Ketika anda memasang banner di blog kalian misalnya, kemudian pengunjung blog kalian mengklik link tersebut dan dibawa ke website merchant yang bekerjasama dengan affiliate network tersebut, apabila kemudian pengunjung yang dibawa dari banner di website kalian melakukan pembelian, deposit, registrasi ataupun action sesuai yg di tetapkan oleh affiliate network, maka akan terjadi yang namanya konversi (komisi diberikan)

Sebenarnya Affiliate Marketing hanyalah seperti skema diatas, sangat mudah dan simpel untuk dimengerti. Sistem atau skema Affiliate Marketing ini sendiri semakin digandrungi karena selain membuat produk yang kita jual semakin laris, kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk promosi. Karena Kitalah sebagai pelaku (Affiliate Marketer) yang akan mempromosikan produk si merchant.

Apa itu Affiliate Network?

Affiliate network Sendiri adalah perantara ke 2. Alurnya bisa dibilang seperti ini: Merchant -> Network -> Kita sebagai Affiliate Marketer -> Pembeli Affiliate network biasanya berisi offers / penawaran menarik dari berbagai merchant. Media Komisi yang ditawarkan Affiliate Network juga beragam mulai dari CPA atau PPS CPA (Cost Per Action) = komisi diterima apabila sebuah aksi dilakukan user, misalnya registrasi, deposit, membeli, dsbnya. Misal 10$ Setiap orang melakukan registrasi, atau melakukan deposit, atau pembelian terjadi. PPS (Pay Per Sale) = komisi diterima setiap terjadi aksi penjualan, biasanya berupa prosentase. Misal 20% dari harga produk. PPS ini lebih sering dijumpai untuk tipe penjualan barang seperti online shop, sepatu, baju, dll

Nah, semoga ulasan mimin geruna.id dapat membantu kalian mengenal affiliate marketing ya. salam #geruna.id

* Sumber diambil dari berbagai media

Read Previous

Hama Tikus Dalam Hidroponik dan Penanggulangannya

Read Next

Media Pembayaran Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *