Wisata Kota Lumajang

Wisata Kota Lumajang

Wisata Kota Lumajang

Wisata Kota Lumajang, Kota Pisang. Berada di Jawa Timur, berbatasan langsung dengan kabupaten Probolinggo, Jember dan Kota Malang. Mungkin kalian asing dengan nama kota ini, atau mungkin juga tidak asing karena pernah mendengar beberapa tempat wisata yang terkenal di kota ini? Geruna.id kali ini akan mengulas beberapa tempat wisata di kota lumajang yang mungkin bisa menjadi ide kemana kalian akan pernah weekend ini.

1. Goatzilla Farm

Terletak di Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Disini selain mengunjungi goatzilla farm, kalian bisa mampir ke kafenya yang juga terletak di Senduro. Kafe ini menyajikan berbagai macam olahan dan varian rasa susu, kafe ini cukup menarik dan menjanjikan karena susu normalnya kalah populer daripada kopi. Bagi penyuka susu, melihat keberadaan tempat seperti Goatzilla farm & kafe ini pasti menjadi alternatif pilihan kalian buat menghabiskan weekend kalian ya guys.

2. Puncak B29

Terletak di Argosari, Senduro, Sariwani, Sukapura, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Puncak B29 adalah salah satu tempat wisata kota lumajang yang paling populer di kalangan anak muda dan para pendaki gunung, bagaimana tidak tempat ini sering dikatakan orang sebagai Negeri diatas awan. Medan yang ditempuh untuk kesana juga cukup menantang, kita harus melewati jalanan aspal, block paving, dan tanah dengan kemiringan 10 hingga 40 derajat serta tikungan tajam khas wilayah pegunungan. Di kiri dan kanan jalanan kalian juga bisa melihat view ladang sayuran mulai satu hingga tida meter yang merupakan milik warga suku Tengger.

3. Pemandian Alam Selokambang

Terletak 5km dari pusat kota Lumajang

Wisata pemandian alam ini adalah salah satu wisata yang terkenal dan juga menjadi destinasi wisata favorit. Tempat ini menawarkan segarnya air pemandian yang berasal langsung dari air mata pegunungan, keindahan alam yang asri dan masih alami. Tempat ini sangat cocok untuk destinasi liburan anda dan keluarga yang mencari kesibukan di weekend. Selain wisata kolam, kalian juga bisa menikmati wahana Flying Fox, perahu bebek sekedar berkeliling danau buatan juga kuliner disekitar area tempat pemandian ini.

4. Pantai Bambang

Terletak di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, 24km dari Kota Lumajang

Pantai ini adalah pantai yang indah, merupakan salah satu tempat wisata terkenal juga di kota lumajang. Akan sangat sayang bila anda lewatkan. Mempunyai pasir berwarna hitam yang menarik, membuat pantai ini terlihat sangat alami. Pasir di pantai ini berasal dari Gunung Bromo yang terbawa air laut dan melewati aliran sungai hingga berakhir di pantai ini.

5. Kawasan Wonorejo Terpadu (KWT) Lumajang

Terletak di Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang. sekitar 7 km dari pusat kota lumajang

Obyek wisata ini juga menjadi salah satu obyek favorit karena terletak sangat dekat dengan pusat kota. Tempat ini menawarkan berbagai wahana bermain seperti wahana arus air, bombom car, komedi putar, kereta gantung, dll. Disini kalian juga bisa menikmati stand-stand pedagang yang menjual jajanan khas Kota Lumajang.

6. Wisata Watu Godeg

Terletak di Tempursari, Kabupaten Lumajang

Wisata Watu Godeg merupakan tempat wisata pantai yang indah dan terletak di kawasan kabupaten lumajang tempatnya di kecamatan tempursari. Wisata ini menawarkan keindahan pantai yang dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi. Disini anda juga akan menemukan pohon pandan laut yang banyak tumbuh disekitar pantai Watu Godeg. Keunikan lain adalah batu-batu besar yang menjulang tinggi dan berada dipinggir pantai, tempat ini memang belum banyak di kenal orang, tetapi panorama yang ditawarkan sangatlah menakjubkan

7. Pantai Dampar Lumajang

Terletak di Jalan Gondoruso, Kalibendo, Pasirian, Kabupaten Lumajang

Pantai Dampar juga merupakan wisata kota lumajang yang menarik karena terlihat natural dengan hamparan pasir hitam yang berdampingan dengan danau. Inilah keunikan pantai dampar, karena apabila pantai lain menghadap hamparan laut lepas, Pantai Dampar justru tidak begitu. Pantai ini menyajikan pemandangan danau yang juga indah yang harus dilewati sebelum mencapai tepian pantai. 

8. Kebun Teh Kertowono

Terletak di kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang. Berjarak 35km dari pusat kota

Kebun Teh Kertowono adalah opsi dari salah satu tempat wisata apabila kalian menyukai tempat rekreasi bertema back to nature. Hawa pegunungan dan hamparan kebun teh yang hijau dan asri akan membuat pikiran dan hati anda juga menjadi sejuk. Pesona keindahan itulah yang bisa kalian dapatkan apabila berkunjung ke kebun teh kertowono di kecamatan gucialit ini. Kebun Teh Kertowono ini dapat dibilang sebagai destinasi wisata yang cukup menarik karena kalian juga dapat merasakan memetik teh langsung dari kebun teh ini. Penduduk lokal di daerah Wisata Kebun Teh kertowono ini juga sangat ramah terhadap wisata lokal maupun wisata asing.

9. Pantai Watu Pecak Lumajang

Terletak di Selok Awar-awar, Pasirian, 18 Km arah selatan dari kota Lumajang.

Pantai Watu Pecak ini memiliki keindahan yang hampir sama dengan pantai Bambang, karena bisa dibilang bersebelahan dengan Pantai Bambang yang terletak di sebelah timur pantai. Pantai watu pecak ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik, serta semua fasilitas yang nyaman. Tak jauh dari kawasan pantai terdapat area parkir untuk kendaraan roda dua ataupun roda empat, kalian tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir kendaraanmu. Tempat peristirahatan juga tersedia di sekitar area Pantai Watu Pecak untuk para pengunjung, disini juga tersedia stand-stand pedagang yang menjual makan atau minuman apabila kalian membutuhkan camilan, makanan ataupun minuman. Tetapi yang perlu diperhatikan, pantai ini memiliki karakteristik ombak yang besar dan berbahaya.

10. Danau Ranu Pane

Terletak di Senduro, Kabupaten Lumajang.

Danau Ranu pane sering juga disebut sebagai Danau Ranu Pani merupakan salah satu dari tiga danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Disini kalian bisa melihat Gunung Semeru berdiri megah. Danau Ranu Pane sendiri memiliki luas lebih dari 1 Hektar, terletak 2.200m ketinggian dari atas permukaan laut.

11. Danau Ranu Bedali

Terletak di Kec. Ranuyoso, Lumajang. Terletak 15km dari Kota Lumajang.

Ranu bedali juga merupakan salah satu dari danau yang berada di kaki gunung semeru, cocok untuk bersantai dan tempat berburu foto. Wisata menarik di Ranu bedali sini adalah 2 air terjun dengan ukuran yang sangat besar. Tempat ini harus ditempuh dengan melewati banyak semak belukar, tetapi keindahan dan kesegaran di Ranu Bedali ini benar2 sangat worthed walau kalian harus berjalan melewati sedikit semak belukar.

12. Danau Ranu Pakis

Terletak di Desa Ranu, Kec. Klakah Lumajang

Ranu Pakis merupakan Danau terakhir dari ketiga danau yang berada di kaki Gunung Semeru. Ranu Pakis terletak pada ketinggian 600 meter dari permukaan air laut dan memiliki luas sekitar 112 hektar dengan kedalaman 26m dan warna air yang biru kehijauan. Penduduk disini membudidayakan ikan air tawar di dalam danau tersebut. Ranu Pakir juga kerap disebut dengan Danau Segitiga emas karena letaknya berdekatan dengan Ranu Klakah dan Ranu Bedali.

13. Danau Ranu Klakah

Terletak di Desa Ranu, Kec. Klakah Lumajang

Danau Ranu Klakah dapat dibilang cukup dekat dengan Ranu Pakis tetapi terletak di lokasi yang berbeda. Di Ranu klakah kalian dapat menikmati pemandangan Gunung Lemongan yang indah. Ranu klakah memiliki luas lebih dari 20 hektar dan kedalaman mencapai 28m. Wana airnya berwarna bening kehijauan dan terlihat bersih. Refleksi gunung dalam air tampak seperti dua segitiga sama kaki yang bertaut.

* Sumber diambil dari berbagai media.

Read Previous

Saat Paling Baik Untuk Minum Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *